Umbi Gladiol Ungu Lihat lebih detail

Umbi Gladiol Ungu

Kode Produk: 7

AI0319

Produk baru

Nama Latin : Gladius
Berasal : Afrika Selatan
Kelas : Angiospermae
Spesies : Gladiolus hybridus

Lebih detail

Rp‎. 5.994

Info lainnya

Harga Umbi Gladiol Ungu

Ringkasan Produk Umbi Gladiol Ungu 

Gladiol merupakan tanaman bunga hias berupa tanaman semusim berbentuk herba termasuk dalam famili Iridaceae. Gladiol berasal dari bahasa latin “Gladius” yang berarti pedang kecil, seperti bentuk daunnya. Berasal dari Afrika Selatan dan menyebar di Asia sejak 2000 tahun. Tahun 1730 mulai memasuki daratan Eropa dan berkembang di Belanda. Tanaman gladiol yang termasuk subkelas Monocotyledoneae, berakar serabut, dan tanaman ini membentuk pula akar kontraktil yang tumbuh pada saat pembentukan subang baru. Kelebihan dari bunga potong gladiol adalah kesegarannya dapat bertahan lama sekitar 5-10 hari dan dapat berbunga sepanjang waktu.

Hasil penelitian tahun 1988, Indonesia mengenal 20 varietas gladiol dari Belanda kemudian diuji multi lokasi di kebun percobaan Sub Balai Penelitian Hortikultura Cipanas. Tiga varietas di antaranya memiliki penampilan yang paling indah, (warna dan bentuknya berbeda dengan gladiol lama), yaitu: White godness (putih), Tradehorn (merah jingga), dan Priscilla (putih). Ragam jenis bunga gladiol adalah :

  • Gladiolus gandavensis, berukuran besar, susunan bunga terlihat bertumpang tindih, panjang 90–150 cm.
  • Gladiolus primulinus. berukuran kecil, sangat menarik. Bertangkai halus tetapi kuat dan panjangnya mencapai 90 cm.
  • Gladiolus ramosus. Panjang tangkai bunga 100–300 cm.
  • Gladiolus nanus. Tangkai bunga melengkung, dan panjang hanya 35 cm.
Bunga yang bisa tumbuh di ketinggian 600–1400 m dpl ini, mempunyai nilai ekonomis cukup baik. Tanaman yang berasal dari Afrika Selatan ini mempunyai nama latin ”Gladius”, yang berarti ”pedang kecil”, bisa tumbuh dengan baik pada tanah ber-pH 5,8-6,5 dalam suhu 10-25 o C. Perbanyakan dapat dilakukan secara vegetatif maupun generatif. Tanaman ini sangat toleran pada berbagai struktur tanah, dari tanah yang ringan berpasir dengan berbahan organik rendah sampai tanah yang berat berlempung atau liat. Penanaman gladiol harus diusahakan pada lahan yang bukan bekas pertanaman gladiol atau keluarga dekatnya, seperti iris, ixia, freesia dan monbretia.

Namun, Bunga gladiol tergolong bunga yang mudah kehilangan air (gladiol cepat layu). Meskipun begitu, kondisi tersebut masih dapat disiasati. Tentunya, teknik memanen yang benar juga harus diterapkan. Bunga potong sebaiknya tidak dipanen ketika mentari sedang terik tetapi dipanen sebelum matahari terbit atau menjelang petang. Saat memanen, batang bunga dipotong miring. Dengan begitu, tercipta penampang batang yang lebih luas untuk menyerap air. Panen bunga dapat dilakukan setelah kuntum 1 dan kuntum 2 bunga terbawah sudah menunjukkan warnanya, tetapi belum mekar. Bila panen dilakukan setelah mekar, bunga gladiol akan mudah rusak pada saat pengangkutan. Tetapi sebaliknya bila bunga dipanen terlalu awal, maka bunga tidak dapat mekar sempurna.

KLASIFIKASI ILMIAH BUNGA GLADIOL
  • Divisi : Tracheophyta
  • Subdivisi : Pteropsida
  • Kelas : Angiospermae
  • Subkelas : Monocotyledonae
  • Ordo : Iridales
  • Famili : Iridaceae
  • Genus : Gladiolus
  • spesies : Gladiolus hybridus
Ciri-ciri tanaman yang masuk dalam sub kelas Monocotyledona ini diantaranya adalah berakar serabut. Namun tanaman ini juga membentuk akar kontraktil yang tumbuh pada saat pembentukan subang baru. Subang adalah batang yang termodifikasi menjadi pipih dan mengandung buku, ruas dan mata tunas. Subang terbentuk dari bagian ruas tunas terbawah yang membengkak dan menghasilkan organ persediaan makanan yang mampu berfungsi sebagai alat reproduksi. Anak subang ini juga berfungsi sebagai alat pembiakan vegetative namun membutuhkan waktu lama sampai saat menghasilkan bunga berukuran standar, yaitu antara dua sampai 4 tahun.

Akar tersebut memiliki daging dengan diameter sekitar 0,7 cm dengan warna putih yang berfungsi sebagai penyangga dan menempatkan subang baru dalam lapisan tanah yang tepat. Sehingga apabila subang induk telah mengalami pengkerutan maka subang yang baru akan terletak pada lokasi yang lebih dalam. Bagian akar kontraktil mempunyai sejumlah rambut halus yang memiliki fungsi sebagai penyerap air atau mineral serta berfungsi sebagai organ penyimpan sementara.

Subang yang baru ini terus mengalami perkembangan untuk kemudian menggantikan subang induk yang semakin mengkerut yang diikuti juga dengan mengecilnya diameter akar kontraktil.

Tanaman galadiol memiliki daun yang berbentuk meruncing dan memanjang ke atas dengan panjang sekitar 50-80 cm dan lebar 1-4 cm. Daun ini tersusun tumpang tindih pada bagian dasar dengan jumlah helaian sekitar 1-12 helai. Tanaman gladiol akan berbunga setelah memiliki daun menimal 8 helai.

Bagian bunga gladiol memiliki tabung yang berbentuk corong yang melebar pada bagian ujungnya.
Bunga juga terdiri dari kelopak dan mahkota yang masing-masing terdiri atas tiga helai yang tidak sama besar serta menyempit di bagian pangkalnya. 
Bunga gladiol tersusun dari banyak bunga yang disebut floret berbentuk tandan dan berasal dari sumbu terminal yang jumlahnya 8-20 kuntum.

Jumlah floret ini juga bergantung pada kultivar serta dipengaruhi juga oleh factor lingkungan, seperti pencahayaan, suhu dan juga tingkat kelembaban. Floret bunga gladiol berbentuk bundar, segitiga atau seperti anggrek. Penampakan petal dapat polos, mengkerut dan juga menggelambir, menekuk keluar atau melancip.

Ukuran floret juga sangat bervariasi dari ukuran kecil yang berukuran 2 cm sampai dengan yang berukuran besar berdiameter 18 cm lebih. Letak floret dapat tersusun satu-satu atau sejajar atau ada juga yang berpasangan. Jika berdasarkan bentuk ukuran floret kultivar, bunga gladiol dapat diklasifikasikan ke dalam 5 kelas, yaitu dari yang berukuran kurang dari 6,4 cm sampai lebih dari 14 cm. Dan berdasarkan warna yang dimilikinya, dapat diklasifikasikan ke dalam 10 kelas warna dari warna putih hingga kecokelatan serta kepekatan warna dari pucat hingga gelap.

Proses munculnya bunga biasanya terjadi saat daun ketiga telah muncul dan berakhir kira-kira bersamaan dengan terbentuknya daun keenam atau daun ketujuh.Primordial bunga gladiol sendiri akan muncul setelah seluruh daun terbentuk, mungkin sekitar 60 hari setelah masa tanam. Sekitar seminggu setelah  terjadinya penyerbukan, bakal buah akan semakin membesar dan akan terus berkembang menjadi buah yang sempurna.

Bunga gladiol memiliki respon yang berbeda-beda terhadap variasi kondisi lingkungan, terutama perbedaan suhu, tingkat kelembaban dan juga cahaya. Bunga gladiol akan memiliki pertumbuhan yang baik jika pada lingkungan dengan suhu 10-25 derajat celcius. Namun untuk lingkungan dengan suhu rata-rata yang kurang dari 10 derajat celcius akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman akan terhambat. Dan jika suhu rendah tersebut berlangsung cukup lama, maka tanaman ini bisa layu atau bahkan mati.

Sedangkan suhu maksimum untuk pertumbuhan bunga gladiol adalah 27 derajat Celsius. Bagian subang gladiol yang telah ditanam harus dapat berakar dengan cepat serta tidak terganggu. Hal ini akan terjadi jika lingkungan tempat tanam memiliki kelembaban yang cukup. Dan pada periode penting, yaitu saat mulai terbentuknya daun ketiga sampai daun ketujuh, maka tidak boleh sampai kekurangan air dan cahaya.

Cara menanam Umbi Gladiol Ungu

  1. Pisahkan induk umbi dengan anakan umbi (meniran) yang menempel disekitarnya. Tariklah dengan hati-hati, pastikan daun tidak terpisah dari umbinya.
  2. Letakkan umbi pada koran bekas, keringkan umbi pada tempat yang teduh dan kering selama dua hingga tiga minggu.
  3. Bersihkan umbi dari debu dan sisa tanah yang menempel pada kulit luarnya. Hilangkan lapisan kulit keringnya menggunakan tangan
  4. Umbi siap ditanam kembali di tahun berikutnya.

Cara Merawat Bunga Gladiol agar Cepat Berbunga

Alat dan bahan yang dibutuhkan :
  • Bunga gladiol
  • Pisau yang tajam
  • Wadah
  • 2 vas bunga
  • Larutan pengawet bunga yang mengandung gula dan bahan pembasmi kuman (optional)
  • Sendok teh (optional)
  • Pemutih (optional)
  • Gula (optional)
  • Cuka (optional)
Langkah-langkah :
  1. Pilihlah batang gladiol yang memilki beberapa bunga yang sudah terbuka atau kelopak yang telah mengalami perubahan warna di bagian bawah batang. Potonglah batang di waktu pagi atau sore hari dengan pisau yang tajam. Potonglah dengan arah diagonal untuk menghindari daun ikut terbuang.
  2. Tempatkan masing-masing batang yang telah dipotong pada wadah yang telah berisi air hangat agar tanaman tidak layu. Letakkan wadah di tempat yang gelap, sejuk dan di dalam ruangan selama dua jam.
  3. Isilah vas yang telah disediakan sebelumnya dengan air hangat dan tambahkan larutan pengawet yang berisi gula dan bahan pembasmi kuman. Larutan pengawet tersedia secara komersial tapi bisa juga dibuat sendiri. Larutkan bahan pengawet yang terdiri dari 1% gula untuk 1 liter air, dilengkapi dengan 1 sendok pemutih, 2 sendok teh gula dan satu sendok teh cuka.
  4. Tempatkan bunga dalam vas. Ketika bunga yang diinginkan telah membuka, pindahkan bunga pada vas yang memilki kandungan gula lebih tinggi, yaitu 10-20%. Atau dengan larutan buatan sendiri, jika dikehendaki tambahkan kadar gula pada larutan sebelumnya. Simpanlah bunga dalam larutan ini selama 16 jam sebelum mengembalikannya ke vas yang asli.
  5. Letakkan tanaman dalam ruangan yang hangat untuk mempercepat proses pemekaran.

Catatan : Jangan memotong semua daun gladiol jika Anda sudah memotong banyak batangnya. Biarkan setidaknya 4 daun tersisa sehingga tanaman tidak mati.

Distributor

Komputer


LAYANAN JASA

Service Komputer Tegal


Water Filter Tegal


NOMOR REKENING BANK

Bank Mandiri


Bank BCA


Bank BNI


IKLAN 1

  

IKLAN 2

  

Akun Saya

Daftar pembelian


Slip kredit
Alamat saya
Informasi akun

INTERNAL

Diskon


Produk baru
Terlaris
Toko kami
Hubungi kami
Syarat dan ketentuan

 

 

Show Room Hasil Industri Kreatif

Anda  tidak perlu mengunjungi tempat penjualan Gudang Show Room Kami, Pembeli cukup klik Produk  yang dikehendaki. Pemilihan barang bisa dilakukan dari rumah atau kantor sehingga pembelian bisa dilakukan berjam-jam tanpa harus keluar rumah. Toko Online  Kami menyediakan layanan belanja baik lokal maupun Nasional. Ada terdapat keranjang belanja, dimana anda dapat memilih produk yang akan dibeli. Silahkan di klik Harga dan Produk secara Otomatis terseret ke kotak cart (Keranjang Belanja). Berbelanja di Toko Kami maka anda mendapatkan harga yang bagus dan termurah.

Mari Belanja Di industrikreatif.id

Belanja Di Toko Online Kami memilik banyak produk dengan harga murah dan bagus, seperti harga Kerajinan Tangan, Hasil Industri Logam, hasil Pertanian dll Kami menjamin anda akan mendapatkan harga bagus. Lokasi Gudang ada di Tegal Jawa Tengah, pelayanan mencakup wilayah kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Bekasi, Medan, Tangerang, Depok, Semarang, Palembang, Makassar, Tangerang Selatan, Bogor, Batam, Pekanbaru, Bandar Lampung dan juga perniagaan komputer Mangga dua, glodok.

SPONSOR KANTOR PUSAT

klikglodok.com



Jl. MH. Thamrin Kav. 5 
Ruko Roxy Blok A No. 20 
Cibatu Lippo Cikarang 
Cikarang Selatan 
Bekasi 17550

GUDANG SHOW ROOM

INDUSTRIKREATIF.ID



Jl. Raya Timur Balamoa 
Desa Karangjati RT 8/2 Kec. Tarub 
Kab. Tegal Jawa Tengah 52472 

TELEPON

General :
- Fajar Sidik: : 0823 23606979 (Hunting)

Copyright©2017-2016, industrikreatif.id